Makalah Prilaku Konsumen dan Produsen Terhadap Perbedaan Antara Produk Air Mineral Cleo dan Aqua Type file : Docx / Pdf
Code file : [ har25mdr24 ]

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, maka semakin berkembang pula dunia industri di negeri kita ini.Kebutuhan dan keinginan konsumen pun terus bertambah.Maka dari itu, produsen semakin bersaing dalam menciptakan produk agar dapat memikat hati konsumen.Produsen tidak hanya dituntut untuk menciptakan sebuah produk, tetapi juga memiliki nilai tambah yang diinginkan oleh konsumen sesuai kebutuhannya.Dalam hal ini produsen harus memahami keinginan dan kebutuhan konsumen untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Dengan demikian kita perlu  mengkaji lebih dalam perilaku konsumen untuk megetahui  keinginan konsumen agar tidak berpaling ke produsen yang lainnya. Jika hal ini terjadi maka produsen harus membuat inovasi baru agar keinginan konsumen konsumen dapat terpenuhi sehingga mendapatkan kepuasan konsumen.

Perilaku konsumen menjadi tolak ukur yang sangat penting dalam melakukan pemasaran dan periklanan terhadap produk yang akan dipasarkan. Strategi pemasaran pun diperlukan dalam kegiatan ini.Riset konstan terhadap perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen sangatlah penting. Jika perilaku konsumen tidak baik maka akan berdampak terhadap perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Tanpa mengenal konsumen, produsen akan mendapatkan kesulitan yang akhirnya dapat menjauhkannya dari konsumen.

1.2 Rumusan Masalah

  1. Pentingnya mempelajari perilaku konsumen baik dari segi konsumen dan produsen?
  2. Bagaimana kaitan perilaku konsumen terhadap 4P ?
  3. Perbedaan antara produk Air mineral Aqua dan Cleo

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pentingnya Perilaku Konsumen Dan Perilaku Produsen

Perilaku konsumen adalah proses dan segala aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan.Perilaku konsumen terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap sebelum pembelian, tahap pembelian, dan setelah pembelian. Ada beberapa hal yang menjadi dasar pengambilan keputusan seseorang dalam melakukan pembelian, yaitu:

  • Identifiksi permasalahan

Seorang konsumen akan melakukan pembelian sebagai masalah yang sedang dihadapinya. Maka dari tu pentingnya mengetahui masalah yang dihadapi sebelum melakukan pembelian

  • Pengumpulan informasi

Konsumen perlu mengumpulkan informasi mngenai produk yang akan dibeli agar tidak terjadi penyesalan.

  • Pengevaluasian alternatif

Tahap ini dilakukan untuk membandingkan informasi yang telah didapatkan dari sumber yang berbeda.

  • Keputusan pembelian

Perlu adanya tindakan pembelian setelah melakukan evaluasi produk

  • Evaluasi pasca pembelian

Ini merupakan tahap dimana konsumen dapat melihat manfaat yang diperoleh dari produk tersebut.

Pengertian perilaku konsumen menurut para ahli:

  1. Menurut  Schiffman dan Kanuk adalah studi yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan membelanjakan sumber daya yang tersedia& dimiliki (waktu,uang&usaha) untuk mendapatkan barang atau jasa yang akan dikonsumsi.
  2. Menurut John C. Mowen dan Michael Minor adalah perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk, jasa dan pengalaman.

Perilaku konsumen merupakan merupakan berbagai hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian suatu produk atau jasa yang dibutuhkan.Perilaku konsumen sangat penting untuk dipelajari dalam pemasaran sehingga dapat terjadi pertukaran. Keinginan dan kebutuhan  konsumen dapat diketahui melalui perilaku konsumen. produsen harus memahami keinginan dan kebutuhan konsumen untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Dengan demikian kita perlu  mengkaji lebih dalam perilaku konsumen untuk megetahui  keinginan konsumen agar tidak berpaling ke produsen yang lainnya. Dengan demikian, jika produsen telah mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen maka produsen dapat memproduksi barang/jasa yang sesuai dengan permintaan konsumen.Produsen tidak hanya memproduksi barang/jasa tetapi harus juga memikirkan inovasi atau nilai tambah dalam produk/jasa untuk mendapatkan kepuasan konsumen.

            Perilaku produsen adalah upaya yang dilakukan produsen dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan efisien dan dapat diterima dengan baik di pasaran serta mendapatkan keuntungan yang besar.Dalam hal ini produsen berusaha melakukan produksi semaksimal mungkin dan membuat inovasi yang diinginkan oleh konsumen. Tujuan dari produksi tersebut ialah :

  • Memenuhi permintaan dan keinginan konsumen
  • Memaksimalkan pendapatan
  • Mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam
  • Menjalankan fungsi sektor industri dengan maksimal

2.2 Kaitan Pemahaman Produk Terhadap 4P

Perilaku konsumen terpusat pada cara individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia (waktu,uang,dan usaha) untuk membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi. Hal ini mencakup apa yang dibeli, mengapa membeli, kapan membeli, dimana membeli, seberapa sering membeli, dan seberapa besar menggunakan brang/produk tersebut.

Menurut Solomon (2007), tingkatan unit analisis perilaku konsumen terdiri atas 5 tipe, yaitu :

  1. Konsumen di pasar
  2. Konsumen sebagai individu yang terdiri dari persepsi, pembelajaran dari memory, nilai dan motivasi, kepribadian dan gaya hidup, sikap, perubahan sikap dan komunikasi interaktif
  3. Konsumen sebagai pengambil keputusan
  4. Konsumen dan budaya yang terdiri dari pendapatan dan kelas sosial, ethink, rasial dan kebudayaan agama, serta age subcultures
  5. Konsumen dan budaya yang terdiri dari Cultural Influences dalam perilaku konsumen, The Creation and Diffusion of Consumer Culture

Arah kajian perilaku konsumen terdiri atas :

  1. Kajian perilaku konsumen yang digunakan sebagai dasar pengembangan strategi pemasaran dan diperlukan alat berupa SWOT yang dikaitkan dengan bidang ilmu lainnya.
  2. Evaluasi strategi pemasaran yang sudah dimiliki oleh perusahaan yang dikaitkan dengan kajian perilaku konsumen sehingga perusahaan terus meningkatkan kinerja dimata konsumen

BAB III

                                                     PENJELASAN & PEMASARAN

2.3. Penjelasan Tentang Air Mineral &Perbedaan Antara Produk Air mineral Cleo & Aqua

Air mineral alami diproses dengan keterampilan dan pengendalian mutu terbaik.Umumnya, air mineral jenis ini adalah air tanah yang diambil dari sumber air tertentu.Di dalamnya terkandung komponen mineral seperti besi dan magnesium yang dilarutkan dari bebatuan. Air mineral alami bersumber dari mata air alami, dan tidak mendapat pengolahan tambahan selain hanya melewati proses sterilisasi panas, sedimentasi (disinfeksi), dan filtrasi. Air mineral alami dianggap sangat dekat dengan air murni.

Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran.Apa saja dan bagaimana perbedaanya?

Perbedaan antara air murni dan air mineral alami adalah dengan melihat labelnya.Apakah terdapat kata “mineral” atau tidak.

Air murni atau spring water adalah air yang berasal dari bawah tanah, yaitu dari sumber mata air yang mengalir secara alami ke permukaan bumi. Air murni tidak mendapat perlakuan kimia selain sterilisasi panas, sedimentasi, dan filtrasi. Selain itu, air murni tidak mengandung komponen mineral sama sekali.

Seperti halnya air mineral alami, air mineral buatan adalah air tanah yang memiliki komponen mineral dan dikumpulkan dari sumber air tertentu untuk dilarutkan.

Air mineral alami hanya melalui proses sterilisasi panas, presipitasi (desinfeksi), dan filtrasi. Namun, untuk air mineral buatan, pengolahannya menyesuaikan dengan bahan mineral, seperti mencampur beberapa air baku, sterilisasi ozon, serta sterilisasi ultraviolet. Beberapa air mineral buatan juga digunakan sebagai metode pengobatan.

Cleo Oxygenated Water

A.Info Perusahaan

  • Profil Pabrik

Tanobel adalah identitas perusahaan PT Sariguna Primatirta, pertama kali beroperasi pada tanggal 17 September 2003 dengan memproduksi Air Minum dalam Kemasan (AMDK) yang diolah dari mata air Pegunungan Arjuna di Pandaan.  Pada 7 Maret 2004, diluncurkan produk Air Murni Cleo sebagai salah satu produk andalan Tanobel dalam kemasan cup 250 mL, botol 330 mL, 550 mL, 1.200 mL, 6 L dan galon 19 L. Setelah itu, Tanobel melebarkan sayap produksi Air Murni Cleo ke berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini, Tanobel memiliki pabrik yang dilengkapi dengan proses terintegrasi dari penyediaan bahan baku, pengemasan cup, botol dan galon, hingga produk jadi. Dengan proses pengawasan kualitas yang ketat dan standar produksi yang tinggi, PT Sariguna Primatirta pada Oktober 2008 mendapat pengakuan internasional berupa ISO 9001:2000 dan pada Oktober 2008 mendapatkan ISO 22000:2005.

Cleo Oxygenated Water dengan kandungan oksigen lebih tinggi yaitu 100 ppm atau lebih dari 20 kali air minum biasa, diproses melalui Oxygen Enhanced Combustion Technology dari USA yang modern dan higienis yang mana dapat mengikat atom-atom oksigen di dalam air murni.Cleo Oxygenated Water mampu meningkatkan supply oksigen ke dalam tubuh, meregenerasi sel, membantu memperbesar daya absorbsi vitamin dan nutrisi, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menetralkan zat-zat beracun dalam aliran darah, menjadikan tubuh lebih optimal dan sehat. Air beroksigen dengan konsentrasi lebih dari 80 mg/l dapat meningkatkn status imun tanpa memberikan efek toksin.

Manfaat oksigen dalam tubuh:

  •  Meningkatkan metabolisme
  • Memperkuat jantung dan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah kanker, infeksi virus, infeksi bakteri, dan berbagai penyakit.
  • Mengurangi racun dalam darah
  •  Menstabilkan tekanan darah
  •  Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak
  •  Memperlambat proses penuaan, merawat dan mempercantik kulit
  •  Meningkatkan pembakaran lemak

Fungsi Cleo Oxygenated Water:

  • Membentu sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel yang rusak
  • Menstabilkan suhu tubuh
  • Sebagai pelumas sendi-sendi dan pengganti ion tubuh
  • Menjaga keseimbangan dalam tubuh melarutkan dan membawa nutrisi, oksigen, dan hormon ke seluruh sel tubuh.

B. Strategi 4P Cleo Oxygenated Water

1.Product

Air Murni CleosebagaisalahsatuprodukandalanTanobelyang terbagi dalambeberapa kemasan, yaitu cup 250 mL, botol 330 mL, 550 mL, 1.200 mL, 6 L dangalon 19 L. Setelahitu, Tanobelmelebarkansayapproduksi Air Murni Cleo keberbagaidaerah di Indonesia. Cleo Oxygenated Water dengan kandungan oksigen lebih tinggi yaitu 100 ppm atau lebih dari 20 kali air minum biasa, diproses melalui Oxygen Enhanced Combustion Technology dari USA yang modern dan higienis yang manadapat mengikat atom-atom oksigen di dalam air murni.

2. Price

Harga produk cleo bervariasi sesuai dengan bentuk kemasan, yaitu :

  • Cleo Oxygen = Rp 325.000 / dus isi 24 botol
  • Galon 19 liter = Rp. 15.000
  • Botol 6000 ml = Rp 45.000 / dus isi 4 botol
  • Botol 1200 ml = Rp 42.000 / dus isi 12 botol
  • Botol 600 ml = Rp 44.000 / dus ( new)
  • Botol 550 ml = Rp 42.000 / dus isi 24 botol
  • Botol 330 ml = Rp 37.000 / dus isi 24 botol
  • Gelas 250 ml = Rp 20.000 / dus isi 48 gelas.

3. Place

Cleo menjual produknya dalam bentuk botol dan kaleng kepada distributor, grosir dan beberapa pengecer, kemudian mereka mendistribusikannya ke outlet ritail, swalayan, restoran, dan SPBU.Distribusi intensif CLEO menggunakan strategi distribusi intensif. Produk bisnis yang dijual hampir disetiap outlet termasuk: outlet ritel, toko-toko kecil, restoran, SPBU, sekolah, tempat olahraga dan tempat-tempat hiburan.
4. Promotion

CLEO selalu melakukan pendekatan-pendekatan kreatif melalui berbagai macam metode promosi melalui iklan, brosur, papan iklan dan menyediakan agen cleo. Selain itu, agar tetap eksis dan relevan dengan konsumennya yang merupakan remaja dewasa, CLEO selalu melakukkan peremajaan produk lewat promosinya.

Aqua Danone

A. Info Perusahaan

Aqua merupakan produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pertama kali di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Golden Mississippi. Pabrik ini didirikan di Bekasi pasa tahun 1973. Pada tahun 1974, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dari pabrik di Bekasi. Harga per botol adalah Rp.75,-. Selanjutnya pendirian pabrik kedua dilakukan pada tahun 1984 di kota Pandaan, Jawa Timur sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut.

Tak berhenti dalam pembangunan cabang pabrik, Aqua juga melakukan inovasi dari segi kemasan yaitu menggunakan botol PET 220 ml. Pengembangan ini berdampak pada kualitas Aqua yang semakin baik. Tidak hanya memperhatikan kualitas, Aqua juga menyelenggarakan aksi peduli lingkungan dengan program Aqua Peduli (Aqua Cares) dengan melakukan daur ulang terhadap botol plastik yang dapat digunakan kembali. Aqua tak berhenti dalam meningkatkan kehigenisan produk, buktinya pada tahun 1995 Aqua menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan Aqua dilakukan bersamaan. Hasil sistem in line ini adalah botol Aqua yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi, sehingga proses produksi menjadi lebih higienis.

Pada 4 September 1998, Aqua dan grup Danone sepakat untuk bergabung. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan Aqua sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia. Dua tahun kemudian, mereka meluncurkan produk berlabel Danone-Aqua. Selain menjadi perusahaan AMDK terbesar, Aqua juga meraih banyak penghargaan contohnya Aqua berhasil memenangkan banyak penghargaan di ajang Indonesian Best Brand Award. Aqua mulai memberlakukan Kesepakatan Kerja Bersama [KKB 2002 – 2004] kepada para pekerja pada tanggal 1 Juni 2002.

            Aqua telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih dari 30 tahun.Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejajk tahun 1973, kini Aqua menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia.Volume penjualan Aqua merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral. Aqua selalu melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI ( Aqua untuk Keluarga Sehat Indonesia ) dan AuAI ( Aqua untuk Anak Indonesia ).

B. Strategi 4P Produk AQUA

  1. Produk

Aqua adalah sebuah Pelopor merk air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT. Aqua Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973.Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Singapura.Aqua adalah merk AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merk AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merk generik untuk AMDK. Di Indonesia, terdapat 14 pabrik yang memroduksi Aqua. Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki pula oleh perusahaan multinasional dari Perancis, Danone, hasil dari penggabungan Aqua Golden Mississippi dengan Danone.

Aqua berasal dari sumber mata air terpilih dan terlindung, sehingga menjamin bahwa segala kebaikan alam dari sumbernya tetap terjaga dalam setiap tetesnya. Ini berarti bahwa setiap tetes Aqua memiliki segala kebaikan dan keseimbangan mineral alami. Selain itu, sumber mata air dipilih setelah melalui proses yang penuh ketelitian dan hati-hati. Setiap sumber mata air pegunungan harus memenuhi 9 poin kriteria yang kemudian melewati 5 tahap proses seleksi yang ketat selama kurang lebih 1 tahun sebelum akhirnya dapat menjadi mata air Aqua. Tidak heran apabila kualitas Aqua merupakan yang terbaik. Setiap tetes Aqua mengandung mineral alami yang seimbang, menjadikannya sungguh baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh seluruh anggota keluarga. Kesembangan mineral-mineral yang alami ini penting fungsinya bagi kesehatan tubuh.

Aqua memberikan beberapa varian untuk menunjang kegiatan yang dinamis agar terhindar dari dehidrasi, yaitu :

  • Aqua Gallon 19 liter
  • Aqua botol plastik 1500 ml
  • Aqua botol plastik 750 ml
  • Aqua botol plastik 600 ml
  • Aqua botol plastik 330 ml
  • Aqua gelas plastik 240 ml
  • Price

Aqua menetapkan harga sesuai dengan kemasannya, sebagai berikut :

  • Aqua Gallon 19 liter

Isi ulang = Rp 15.000

Isi ulang + galon = Rp 55.000

  • Aqua botol plastik 1500 ml

Dus isi 12 pcs = Rp 50.000

Pcs                   = Rp 4.500

  • Aqua botol plastik 750 ml

Dus isi 18 pcs = Rp 68.000

Pcs                   = Rp 3.500

  • Aqua botol plastik 600 ml

Dus isi 24 pcs = Rp 40.000

Pcs                   = Rp 1.900

  • Aqua botol plastik 330 ml

Dus isi 24 pcs = Rp 29.500

Pcs                   = Rp 1.300

  • Aqua gelas plastik 240 ml

Dus  isi 48 pcs = Rp 22.000

Pcs                   = Rp 500

Perbedaan harga antar merek AMDK yang ada di pasar tidak begitu mencolok karena setiap merek tersebut menerapkan strategi going rate pricing (harga yang sedang berlaku), yaitu penetapan harga sama atau persentase tertentu dibawah atau diatas harga pesaing. Namun demikian harga menjadi penentu dalam persaingan antar merek. Dari segi harga, penetapan harga Aqua “sedikit” di atas merek- merek lain. Penentuan harga ini juga dilakukan agar memposisikan Aqua sebagai air minum premium (di atas merek – merek AMDK lainnya). Sebagai merek premium maka dengan sendirinya konsumen akan merasa memiliki “prestige” sendiri apabila meminum Aqua. Apabila anda membuat suatu acara dan menggunakan AMDK Aqua, maka anda akan merasa lebih bergengsi dibanding menggunakan merek lainnya.

2. Promotion

Aqua menggunakan seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah membawakan logo dan slogan biru Aqua yang berbeda. Dalam menjaga kesehatannya dan  mengangkat citra, Aqua secara aktif mendukung penyelenggaraan atletik internasional seperti pada jalur dan lapangan, mendaki gunung, angkat berat. Pada maraton yang populer dan balapan 10.000 meter truk-truk Aqua menyediakan pelari yang kelelahan dengan pancuran air segar. Sebagai bagian dari hubungan masyarakat, Aqua juga membuka pabriknya untuk dikunjungi masyarakat untuk meyakinkan masyarakat pelanggan bahwa Aqua diproduksi dengan cara yang higienis dengan fasilitas, personel, dan manajemen yang utama.

3.   Place

Sementara pengiklanan dan humas “menarik” Aqua melalui saluran-saluran distribusi, promosi eceran lokal dan potongan harga “mendorong” produksi pada pelanggan. Pelayanan adalah krusial dalam bisnis air. Ada pusat-pusat distribusi Aqua di Indonesia, dijalankan oleh PT. Wirabuana Intrent, distributor tunggal produk-produk Aqua. Truk-truk Aqua yang selalu siap sedia dimana saja kapan saja memastikan pengiriman yang handal pada outlet eceran dan perusahaan-perusahaan yang menyediakan pendingin air Aqua untuk karyawannya. Penerbangan besar seperti Garuda Indonesia, Penerbangan Nasional Indonesia, menawarkan Aqua pada penumpangnya. Pelanggan-pelanggan ini membutuhkan pelayanan yang segera dan handal. Pendingin air kantoran yang kosong atau rusak menciptakan citra yang buruk dan penerbangan membutuhkan pengiriman tepat waktu.

Aqua melanjutkan untuk mengembangkan upaya pemasarannya ke pulau yang lain di Indonesia. Untuk memotong biaya transportasi, fasilitas produksi dioperasikan dengan lisensi yang memproduksi air dalam persyaratan Aqua telah dibuka di Manado, Sulawesi Utara, dan Medan, Sumatera Utara. Satu instalasi kecil mulai berproduksi air sehat dalam botol di Brunei Darrussalam, satu negara minyak yang merdeka di pantai utara Borneo. Bukan suatu hal yang kecil, hampir dua per tiga penjualan Aqua tetap berada di daerah Jakarta, dipasok oleh lima lima fasilitas produksi terletak di Jawa Barat mewakili 65% total kapasitas Aqua. Proyek-proyek baru sedang berlangsung dibeberapa bagian di Indonesia sebaik diluar Indonesia, di Philippina dan Vietnam.

BAB IV

KESIMPULAN

Merek adalah salah satu atribut yang penting dari sebuah produk, dimana merek suatu produk dapat memberikan nilai tambah bagi produk tersebut. Merek tidak hanya sebuah nama bagi produk, tetapi lebih dari itu merupakan identitas untuk membedakan dari produk-produk yang dihasilkan dari perusahaan lain. Dengan identitas khusus, produk tertentu akan lebih mudah dikenali oleh konsumen dan pada gilirannya tentu akan memudahkan pada saat pembelian ulang produk tersebut. Pada dasarnya merek terdiri dari dua bagian yaitu bagian yang dapat diucapkan yaitu nama merek, dan bagian yang dapat dikenali tetapi tidak dapat diucapkan yaitu tanda merek.

Semakin hari kebutuhan air di Indonesia semakin bertambah, di zaman yang semakin praktis ini konsumen tidak hanya memilih asal air minum tetapi sudah sadar dengan kandungan zat yang ada di dalam air minum tersebut. Untuk menarik konsumen perusahan air mineral memerlukan strategi pemasaran yang baik agar dapat bertahan dalam pasar yang persaingannya semakin tinggi.
dan guna mengikuti perkembangan jaman para perusahaan harus membuat produk minuman mereka lebih kreatif, mungkin dengan membuat kemasan nya menarik sehingga para konsumen lebih tertarik dan membeli produk mereka.

(Visited 33 times, 1 visits today)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *